Pendahuluan
Otak adalah organ yang luar biasa, bekerja mengkoordinasikan seluruh
yang terjadi di dalam tubuh kita, kepribadian, metabolisme, tekanan darah,
emosi, hormon, ingatan , bekerja melebihi komputer manapun didunia ini.
Kelainan kecil pada otak akan mempengaruhi aktifitas tubuh, karenanya kita
harus selalu menjaga nutrisinya dan menjaga kesehatannya dan mengembangkannya
Otak manusia mempunyai berat 2% dari berat badan orang dewasa (3
pon) , menerima 20 % curah jantung dan memerlukan 20% pemakaian oksigen tubuh dan sekitar 400 kilokalori
energi setiap harinya. Otak merupakan jaringan yang
paling banyak memakai energi dalam seluruh tubuh manusia dan terutama berasal
dari proses metabolisme oksidasi glukosa. Jaringan otak sangat rentan terhadap
perubahan oksigen dan glukosa darah, aliran darah berhenti 10 detik saja sudah
dapat menghilangkan kesadaran manusia. Berhenti dalam beberapa menit , merusak
permanen otak. Hipoglikemia yang berlangsung berkepanjangan juga merusak
jaringan otak.[1]
Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah,
keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas
fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran
lainnya.Otak terbentuk dari dua jenis sel:
glia dan neuron. Glia berfungsi untuk menunjang dan melingungi neuron,
sedangkan neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang di kenal
sebagai potensial aksi. Mereka berkomunikasi dengan neuron
yang lain dan keseluruh tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia
yang disebut neurotransmitter . Neurotransmitter ini dikirimkan pada celah yang di
kenal sebagi sinapsis. Avertebrata seperti serangga mungkin mempunyai jutaan neuron pada otaknya, vetebrata besar bisa mempunyai hingga seratus milliar neuron.[2]
Bab II
Otak Dan Fungsinya
A.Lima
Pembagian utama Otak Manusia[3]
1. Telensefalon
(endbrain)
Hemisferum serebri
Korteks serebri
Rhinensefalon (sistem
limbik)
Basal Ganglia
Nukleus
Kaudatus
Nukleus
lentikularis
Klaustrum
Amigdala
2. Diensefalon
(interbrain)
Epitalamus
Talamus
Subtalamus
Hipotalamus
3. Mesensefalon
(midbrain)
Korpora quadrigemina
Kolikulus superior
Kolikulus inferior
Tegmentum
Nukleus ruber
Substantia nigra
Pedunkulus serebri
4. Metensefalon
(afterbrain)
Pons
Serebelum
5. Mienlesefalon
(marrow brain)
Medula Oblongata
- Otak besar (serebrum)
Otak besar mempunyai fungsi
dalam pengaturan semua aktifitas mental, yaitu yang berkaitan dengan kepandaian
(intelegensi), ingatan (memori), kesadaran, dan pertimbangan.
Otak besar merupakan sumber
dari semua kegiatan/gerakan sadar atau sesuai dengan kehendak, walaupun ada
juga beberapa gerakan refleks otak. Pada bagian korteks serebrum yang berwarna
kelabu terdapat bagian penerima rangsang (area sensor) yang terletak di sebelah
belakang area motor yang berfungsi mengatur gerakan sadar atau merespon
rangsangan. Selain itu terdapat area asosiasi yang menghubungkan area motor dan
sensorik. Area ini berperan dalam proses belajar, menyimpan ingatan, membuat
kesimpulan, dan belajar berbagai bahasa. Di sekitar kedua area tersebut dalah
bagian yang mengatur kegiatan psikologi yang lebih tinggi. Misalnya bagian
depan merupakan pusat proses berfikir (yaitu mengingat, analisis, berbicara,
kreativitas) dan emosi. Pusat penglihatan terdapat di
bagian belakang.
- Otak tengah (mesensefalon)
Otak tengah terletak di depan
otak kecil dan jembatan varol. Di depan otak tengah terdapat talamus dan
kelenjar hipofisis yang mengatur kerja kelenjar-kelenjar endokrin. Bagian atas
(dorsal) otak tengah merupakan lobus optikus yang mengatur refleks mata seperti
penyempitan pupil mata, dan juga merupakan pusat pendengaran.
- Otak kecil (serebelum)
Serebelum mempunyai fungsi
utama dalam koordinasi gerakan otot
yang terjadi secara sadar, keseimbangan,
dan posisi tubuh. Bila ada rangsangan yang merugikan atau berbahaya maka
gerakan sadar yang normal tidak mungkin dilaksanakan.
- Sumsum sambung (medulla oblongata)
Sumsum sambung berfungsi
menghantar impuls yang datang dari medula spinalis menuju ke otak. Sumsum
sambung juga mempengaruhi jembatan, refleks
fisiologi seperti detak jantung, tekanan darah, volume dan kecepatan respirasi,
gerak alat pencernaan, dan sekresi kelenjar pencernaan.
Selain itu, sumsum sambung
juga mengatur gerak refleks yang
lain seperti bersin, batuk, dan
berkedip.
- Jembatan varol (pons varoli)
Jembatan varol berisi serabut
saraf yang menghubungkan otak kecil bagian kiri dan kanan, juga menghubungkan
otak besar dan sumsum tulang belakang.
Otak dan sumsum tulang belakang
mempunyai 3 materi esensial yaitu:
1.
badan sel yang membentuk bagian
materi kelabu (substansi grissea)
2.
serabut saraf yang membentuk
bagian materi putih (substansi alba)
3.
sel-sel
neuroglia, yaitu jaringan ikat yang terletak di antara sel-sel saraf di dalam
sistem saraf pusat
Ketiga lapisan membran meninges
dari luar ke dalam adalah sebagai berikut:
1. Durameter; merupakan selaput yang kuat dan bersatu dengan
tengkorak.
2. Araknoid; disebut demikian karena bentuknya seperti sarang
labah-labah. Di dalamnya terdapat cairan serebrospinalis; semacam cairan
limfa yang mengisi sela sela membran araknoid. Fungsi selaput araknoid adalah
sebagai bantalan untuk melindungi otak dari bahaya kerusakan mekanik.
3. Piameter. Lapisan ini penuh dengan pembuluh darah dan
sangat dekat dengan permukaan otak. Agaknya lapisan ini berfungsi untuk memberi
oksigen dan nutrisi serta mengangkut bahan sisa metabolisme.
Ketika
lahir seorang bayi telah mempunyai 100 miliar sel otak yang aktif dan 900
miliar sel otak pendukung, setiap neuron mempunyai cabang hinggá 10.000 cabang
dendrit yang dapat membangun sejumlah satu kuadrilion (angka 1 diikuti dengan
15 angka nol) koneksi. komunikasi.perkembangan otak pada minggu-minggu pertama
lahir diproduksi 250.000 neuroblast (sel saraf yang Belum matang), kecerdasan mulai berkembang dengan terjadinya
koneksi antar sel otak, tempat sel saraf bertemu disebut synapse, makin banyak percabangan yang muncul, makin
berkembanglah kecerdasan anak tersebut, dan kecerdasan ini harus dilatih dan di
stimulasi, tampa stimulasi yang baik , potensi ini akan tersia-siakan.
Ned Herrman melakukan penelitian puluhan tahun terhadap
1000 orang , ia memformulasikan instrumen yntuk menentukan kecenderungan otak
seseorang, akhirnya ia membuat pembagian 4 kuadran otak , ia juga membagi 2
komponen utama , korteks otak yang menata fungsi-fungsi kognitif, serta limbik
sistem yang menata fungsi emosi
Human Brain
Weighing
about of 1.3 kg (3 lb) and containing 100 billion neurons, the human brain is a
marvel of evolution. Complex interactions between neurons produce psychological
processes, including learning, memory, emotion, thinking, and perception.
Oxford
Scientific Films/London Scientific Films
Microsoft ® Encarta ® 2006. © 1993-2005 Microsoft Corporation. All rights reserved.
Left and Right Brain Functions
Although
the cerebrum is symmetrical in structure, with two lobes emerging from the
brain stem and matching motor and sensory areas in each, certain intellectual
functions are restricted to one hemisphere. A person’s dominant hemisphere is
usually occupied with language and logical operations, while the other
hemisphere controls emotion and artistic and spatial skills. In nearly all
right-handed and many left-handed people, the left hemisphere is dominant.
©
Microsoft Corporation. All Rights Reserved.
Microsoft ® Encarta ® 2006. © 1993-2005 Microsoft Corporation. All rights reserved.
B. Fungsi Otak kanan dan kiri
Walaupun keliatannya simetris secara struktur, tapi
keduanya mempunyai fugsi yang berbeda, bila Otak kiri bertanggung jawab
terhadap proses berfikir logis, berdasar realitas, mampu melakukan penafsiran
secara abstrak, dan simbolis, cara berfikirnya sesuai untuk tugas tugas verbal,
menulis, membaca, menempatkan detail, fakta. Sedangkan cara berfkir otak kanan
lebih bersifat acak, tidak teratus,intuitif, holistik, bersifat non verbal,
kearah perasaan dan emosi, kesadaran yang berkenaan dengan perasaan (merasakan
kehadiran suatu benda atau orang), pengenalan bentuk, pola, musik, kepekaan
warna, kreativitas, visualisasi. (Bobbi De Potter,1999, 37 – 38)
Kedua belahan otak penting artinya , orang yang
memanfaatkan kedua belah otak ini cenderung seimbang dalam setiap aspek
kehidupannya, Belajar dapat dengan mudah bagi mereka karena mereka mempunyai
pilihan untuk menggunakan bagian otak yang diperlukan dalam setiap pekerjaan
yang mereka hadapi. Emosi
yang positif akan mendorong kearah kekuatan otak kearah yang lebih berhasil
(Bobbi De Potter, 1999, 38)
Skema pembagian otak yang terbagi menjadi 4
Quadran menurun Herrmann 1996: 162
Taufik Pasiak:2006:19
C.Anatomy dan gejala akibat stroke[5]
Otak kita terdiri
dari 3 komponen: otak besar (cerebrum), otak kecil
(cerebellum) dan batang otak (brain stem)
Bagian otak
yang bila dirusak oleh stroke
|
Gejala kerusakan
|
Wernicke's area ( pusat bahasa)
|
Kesulitan berbicara, memahami pembicaraan
bingung membedakan kiri dan kanan, sulit dalam membaca, menulis, menamai
obyek, berhitung.
|
Broca's area (berbicara)
|
Kesulitan dalam berbicara dan kadang-kadang menulis.
|
Parietal lobus bagian kiri
|
Hilangnya koordinasi antara lengan kanan dan
tungkai
|
Facial and limb areas of the motor cortex
on the left side of the brain
|
Paralisis lengan kanan dan tungkai dan
bagian kanan wajah
|
Facial and arm areas of the sensory
cortex
|
Hilangnya sensasi lengan kanan dan bagian
kanan penglihatan pada kedua mata
|
|
|
D.Fungsi dan
Gangguan Cerebral[6]
Lobus
Serebral
|
Fungsi
|
Gangguan
|
Frontal
Temporal
Parietal
Dominan
Non Dominan
Oksipital
|
Penilaian
Kepribadian bawaan
Keahlian Mental
Kompleks
Abstraksi , membuat konsep , memperkirakan
masa depan
Memori pendengaran
Memori kejadian
yang baru terjadi
Daerah
auditorius primer yang mempengaruhi kesadaran
Bicara
Berhitung
(matematika)
Topograhi kedua
sisi tubuh
Kesadaran
sensorik
Sintesis
ingatan yang kompleks
Memori visual
penglihatan
|
Gangguan Penilaian
Gangguan
Penampilan diri dan kebersihan diri
Gangguan Afek
Gangguan proses
fikir
Gangguan fungsi
motorik
Gangguan memori
kejadian yang baru terjadi
Kejang
Psikomotor
Tuli
Afasia
Agrafia
Akalkulia
Agnosia
Gangguan
sensorik (bilateral)
Disorientasi
Distorsi Konsep
Ruang
Hilang
kesadaran sisi tubuh yang berlawanan
Defisit
penglihatan dan buta
|
E.Law of
Attaction
Law of attraction sebuah teori
yang dirangkum dari buku yang berjudul secret karangan Rhonda Byrne, dalam buku
yang menjadi best seller tersebut dikatakan jika berfikiran baik maka pikiran itu akan
memancar keseluruh alam semesta dan kembali lagi kepada kita dalam bentuk
kenyataan, begitu pula ketika mengeluh akan hidup kita dan menyatakan tidak,
maka pengaruh negatip akan menarik kearah kita, itu lah yang disebut hukum gaya tarik, ketika kita berpikiran
positif maka yang positif akan mempengaruhi kehidupan kita. Kekuatan berfikir
mempengaruhi alam semesta. Secara ilmiah pikiran positif mempunyai kehebatan
yang luar biasa, kita harus menikmati hidup dan pikiran kita, kita pencipta
pikiran kita sendiri, kita hidup didunia ini semua yang ada yang disekeliling
kita, bahwa kita menarik apapun yang ada dipikiran kita, pikiran mempengaruhi
emosi kita, ada perasaan negatip seperti marah, cemburu, dendam ,
kebencian, ini disebut getaran yang
negatif, apa yang kita pikirkan itu yang akan berbalik kekita, kita kan
mendapatkan apa yang kita rasakan. Gaya berfikir kita mempengaruhi orang lain
dan sekitar kita, alam semesta bereaksi dengan pikiran kita, apa yang kita
pikirkan dan yang kita rasakan, Winston Churchill (1874-1965) mengatakan anda menciptakan alam semesta sendiri
sepanjang perjalanan hidup anda, “ you create your own universe as you go along
.
Pada saat kita merasakan
kesedihan, putarkan sebuah lagu yang indah, maka kita akan mulai merasa lebih baik, kita melihat
anak kita tau hewan peliharaan kita, kita akan merasa senang, hidup ini sangat
luar biasa.
Bayangkan cerita aladin , ketika dia menggosok
lampu ajaibnya ada 3 keinginan tapi keinginan itu tidak terbatas, alam semesta
adalah jin Jiny dan jin Jiny selalu mengatakan your are wish is my comend, ,
alam semesta bereaksi dengan alam pukiran kita.
Bagaimana proses gaya tarik
ini bertama ketika kita mengingikan sesuatu kita akan :(1 ). ask. Ketika
bertanya apa yang kita inginkan , misalnya seorang anak kecil berumur 6 tahun
ingin mempunyai sepeda; (2) unswer, alamsemsta mulai mengatur diri kita
terhadap apa yang kita inginkan, anda tidak perlu tahu bagaimana alam semsta
ini berekaksi , alam semsta menjawab, (3) menerima, bila itu tidak terlaksana
maka kita menyadari keinginannkan, kita
wujudkan sedikit-sedikit apa yang kita inginkan, seperti cerita anak kecil tadi
, dia dapat menggambar sebuah sepeda dan menggambar dia menaiki sepeda
tersebut, dan suatu hari orang tua atau kakeknya mengetahui, dan terjadilah apa
yang diinginkannya, karena fansasi itu
akan berubah jadi kenyataan .
Jangan mengatakan aku ingin ini, tapi
merasakan tidak bisa., kita harus langsung bereaksi dengan kecepatan , kita harus
memperhatikan apa yang kita inginkan, contohnya kita seperti kita naik mobil
dalam malam yang , dengan jarak pandang hanya 6 meter dari lampu mobil , dan
itulah kehidupan, kita berjalan sedikit-demi sedikit menggapai tujuan kita, dan
semua rahasia kehidupan terbuka sedikit demi sedikit didepan kita sebagai
sesuatu yang kita sendiri akan tercengang mendapatkannya…
Jangan menduga-duga,
bertindaklah, itu tugas kita, , anda akan menarik yang anda inginkan, berilah
perhatian yang penuh pada yang anda inginkan,
anda mulai perlahan-lahan dari
yang tidak ada, dengan cara yang tidak ada menjadi sesuatu yang ada
Dr. Luther Martin King Jr.
mengatakan Take the first step in faith, you don't have to see the whole
staircase , just take the first step, ambilah langkah pertama dengan penuh
keyakitan , anda tidak harus melihat semua anak tangga cukup langkah di anak
tangga pertama.
Kapan dapat terwujud,
berkaitan dengan hubungan keselarasan kita dengan alam semesta.. bagaimana kita
menaru nya, bayangkan tempat yang anda inginkan dan anda akan
mendapatkannya, banyak orang yang merasa
terpenjara dalam dirinya, karena kita terus berfikir itu terus menerus, kita
memikitkan itu hukum daya tarik bekerja, kebanyakan ,kita mendapatkan yang kita
pikirkan.
Budha mengatakan, all that we are is the result of what
we have thought , kita adalah hasil dari apa yang kita pikirkan.
DR. Joe Vitale MSC. D (metaphysician) Powerful processes
: 1 gratitude (mulai dengan membuat daftar hal-hal yang anda syukuri.
Menghargai dan bersyukur akan menarik
hal hal yang baik bagi dirikan, focus pada hal yang kita hargai dari pada diri
kita. Jangan berfikir terhadap yang tidak kita miliki , tapi yang kita
punya, 2. visualize (processes
membayangkan dalam pikiran. Dr Denus Wattley Ph.D Psychologist. Mengadakan
penelitian seorang atlit di suruh membayangkan dia sedang berlari . dengan
visulisasi sama ketika mereka bertanding, didapatkan otot-otot mereka bereaksi
sama dengan ketika mereka berlari, hal ini karena otak tidak dapat membedakan
apakah ini dilakukan secara khayal atau secara real.
F.Latihan Otak Dengan Optimalisasi
Fungsi dengan Metode Fritx’s Brain
TIM
POWER BRAIN INDONESIA
mengeluarkan buku bagaimana kita dapat melatih otak kita mininal 10 menit dalam
sehari selama 30 hari dengan metode Frits”Brain,(2005), antara lain dibab ini
akan disebutkan beberapa latihan, yang dilakukan tiap hari.
A. Latihan mengolah otak
Hari 1
Latihan asosiasi persamaan
Buatlah asosiasi persamaan dari kata-kata : tiang
listrik – ban mobil, (karena keduanya memiliki elemen logam), petunjuk: umur 5
-10 tahun : cukup menjawab 8 jawaban , umur 10 – 15 tahun : cukup dengan 10
jawaban, diatas > 15 tahun , cukup dengan 12 jawaban
Hari 2
Latihan Asosiasi perbedaan, contoh kata-kata: laki-laki , perempuan,
pentunjuk sama seperti diatas.
Hari 3
Daya Ingat, hafalkan kata-kata dibawah ini , menghafal 5
menit (umur >15 tahun , 3 menit)
daftar kata-kata seperti meja, pintu, televisi, pensil. Garpu, lagu ,
buku, baru, rakus, cuka. Petunjuk, umur 5-10 tahun cukup ingat 6 kata, 10- 15
tahun cukup 10 kata,> 15 tahun mengingat 10 kata dalam waktu 3 menit.
Hari 4
Kecerdasan musikal, dengarkan 2 lagu klasikm tulis kesannya
terhadap lagu tersebut dalam kalimat panjang tidak lebih dari 5 kata.
Contohnya, keduanya sangat menggugah perasaanku.
Hari
5
Keseimbangan otak kiri dan kanan, buatlah gambar seperti contoh berikut
dengan ketentuan : - bagi yang biasa menggunakan tangan kanan untuk kegiatan
ini gunakan tangan kiri, begitu juga sebaliknya, apabila selesai menggambar
dengan ketentuan diatas gambar lagi dengan ke dua tangan diatas
Hari 6
Koordinasi dan Kecerdasan Kinestetik, untuk melatih koordinasi, lemparkan
sehelai kertas yang telah diremas-remas kedalam keranjang sampah dengan jarak 3
meter, tingkatkan atau kurangi jarak untuk menyesuaikan tinggkat kesulitan,
Petunjuk, umur 5-10 tahun , jarak kuran gdari 2 meter, umur 10 – 15 tahun ,
jarak kurang dari 3 meter, umur diatas 15 tahn , jarak keranjang 4 meter.
Hari 7
Kecerdasan Inter dan Intra personal, tuliskan /sebutkan 5 orang nama
teman-teman and a beserta sifat-sifat baik mereka.
Hari 8
Asosiasi persamaan, buatkan asosiasi persamaan antara
kata-kata : globe (bola dunia) , kue donat. petunjuk: umur 5 -10 tahun : cukup
menjawab 8 jawaban , umur 10 – 15 tahun : cukup dengan 10 jawaban, diatas >
15 tahun , cukup dengan 12 jawaban
Hari 9
Asosiasi perbedaan, buatlah asosiasi ini dengan kata-kata,
garpu, sendok, Pentunjuk sama seperti diatas.
Hari 10
Daya ingat, sama seperti petunjuk diatas, hari ke-3, tapi menggunakan
gambar.
Hari 11
Kecerdasan musikal dan kecerdasan logis
matematika, dengan
mendengar lagu klasik (khususnya mozart), saat mendengar lagu, lakukan
pengurangan didalam pikiran anda contoh 100-7=93, 93-7=86, sampai tidak dapat
dikurangi lagi, kemudian tulis kesan anda dengan 5 kata.
Latihan ini akan berulang dilakukan sampai 30 hari
B.TEORI LATIHAN
- Asosiasi persamaan dan perbedaan ditujukan untuk meningkatkan fungsi kreativitas otak dan kecerdasan verbal, fungsi ini penting dilatih tiap hari, sehingga otak selalu berfikir, jawaban yang lucu juga tidak dilarang selama masih ada logikanya. Jangan takut berimajinasi.
- Daya Ingat, merupakan hal yang penting bagi semua orang, bahkan keluhan dari kebanyakan adalah masalah daya ingat yang menurun, latihan ini akan menguji daya ingat terbaru/recent memory. Kemampuan daya ingat ditentukan antara lain bagaimana kita menyimpanm bagaimana, otak memanggil kembalim fakto atensi, konsentrasi.
- Koordinasi merupakan salah satu fungsi oleh otak kecil, dengan latihan ini secara tidak langsung kita, menstimulasi otak kecil.
- Stereognosis, merupakan kemampuan mengenal bentuk benda melalui perabaan. Dan kemampuan ini tiap orang berbeda
- Fungsi keseimbangan, dipertahankan dengan 3 komponen : yaitu indera penglihatan dan organ keseimbangan baik secara statis maupun dinamism yang keduannya terletak di dalam telingan dan diteruskan ke syaraf kepala vestbulocochlearis
- Kecerdasan musikan, musik dianggap bahan asupan bagi otak kita bila tidak di penuhi maka aspek bermusik otak kita tidak akan berkembang. Musik dapat mempengaruhi mood, sehingga menjadi tenang, perasaan menjadi damai.
- Keseimbangan otak kiri dan kanan, aspek musik terletak di otak kanan, aspek kata-kata di otak kiri,
C.Macam-macam kecerdasan
- Kecerdasan Verbal merupakan salah satu bagian dari multi kecerdasan yang disebutkan oleh Gardner, orang yang memiliki kecerdasan verbal yang tinggi tidak saja mampu mengolah kata-kata dengan efektif tapi juga mampu menginterprestasikan sesuatu yang tersurat dengan baik.
- Kecerdasan Intrapersonal, memahami diri sendiri , mengenali kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri, dia tidak akan mau melakukan sesuatu diluar batas kemapuannya. Kesuksesan juga ditentukan oleh bagaimana kita mengenal diri sendiri;
- Kecerdasan Interpersonal, merupakan suatu kemampuan untuk membina hubungan dengan orang lain, kesuksesan berawal dari langkah tersebut.
- Kecerdasan naturalis, kecerdasan ini memberikan kemampuan kita mengenali segala macam benda yang mati dan hidup. Guna mencapai tujuan dan kesuksesan kita. Contohnya yang sederhana , film Mc Giver , seorang yang dapat menggunakan alat sekitar yang sederhana untuk memcari jalan menyelamatkan diri.
- Kecerdasan Spasial , kemampuan menentukan arah dan posisi merupakan bakat yang diusung oleh orang-orang dengan kecerdasan spasial yang baik. Bila tidak di latih, kita siap-siap nyasar saat membawa kendaraan dan tidak dapat mengambil keputusan berdasarkan logika.
- Kecerdasan Ekstensial, bahwa kecerdasan ini bahwa ia memberikan kita kemampuan untuk selalu menghargai apa yang ada dan apa yang menimpa kita agar dapat kita olah menjadi sesuatu yang bermanfaat.
- Kecerdasan logis Matematis, kecerdasan ini paling sering diukur dalam tes IQ, bila kecerdasan ini tinggi, dia akan sanggup menggunakan akal dan logika dalam memecahkan masalah. Walaupun demikian kita tidak boleh memberi kesimpulan seseorang bodoh hanya karena faktor IQ saja.
- kecerdasan Kinestetik, kecerdasan ini terdiri dari olah tubuh, olah raga, bila kita ingin sehar maka dengan olah raga dan pola hidup yang seimbang maka kita dapat lebih sehat
g. 10 sehat untuk mencerdaskan otak
1.Makan multivitamin,
2.Makan vitamin anti
oksidan
3.Makanlah makanan yang
mengadung anti oksidan dengan kadar yang tinggi
.4.Minum
Teh
5. Hindari Lemak yang
buruk
6. Ambilah
minyak ikan yang mengandung OMEGA 3
7. Hati-hati dengan gula
dan karbohidrat
8. Batasi Kalori dan
turunkan berat badan,
9. Hindari stress, dan
berolah raga
10.Hindari rokok
Daftar Pustaka
Price, Wilson ,Anatomi
dan Fisiologi system saraf , Penerbit
EGC, Jakarta 2006
Microsoft
® Encarta ® 2006. © 1993-2005 Microsoft
Corporation. All rights reserved.
Rhonda Byrne, www. Thesecret.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_saraf_pusat
www.medem.com
Bobbi De Porter dan Mike Hernacki, Quantum Learning.Kaifa,
2005
TIM POWER BRAIN INDONESIA, Latihan Otak.Nuansa, 2005
Taufik Pasiak, Manajemen kecerdasan, mizan, 2006
No comments:
Post a Comment